Cara Belajar Efektif

Posted by Ahmad Khairudin on 20.21 with No comments
Masih Ragu dan bingung gimana caranya belajar efektif.. ikutin Tips ini ia Kawand :

Hambatan Pertama Saat kita ingin belajar ialah " MALAS ". Mengkin Hal ini yang sering sekali kita alami, bukan hanya kita yang tidak suka belajar,, (^_^), bahkan teman-teman kita yang Pandai Saya Rasa hal ini jadi hambatan Tersering saat mau belajar.

1. Ikuti Tips berikut ini...Modalitas Pertama : Sebelum Belajar Hendaknya kita berdoa terlebih Dahulu
nih Doa nya:

Secara Tidak Sadar Doa itu merupakan Penguat Ruhiyah kita, dengan doa sebelum belajar kita bisa menghindari sifat Malas kita saat belajar,Pelajaran mudah masuk ke otak kita dan masih banyak lagi manfaat doa sebelum belajar.. So.. Jangan Lupa Berdo'a ia kawand.. (^_^)

Dan Tidak Lupa Do'a Sesudah Belajar


2. Fokus


Langkah ke dua ialah " FOKUS ", nah kadang hal ini nih yang Sulit, karna Saat kita mau belajar ada saja gangguannya,Misalnya Saat ingin belajar di Rumah Temen ngajak main, orang tua nyuruh Ini itu, di gangguin adik atau kakak, dan saat belajar di Sekolah/ kampus misalnya Temen ngajak cerita,bercanda,pergi ke kantin atau apalah yang pokoknya tuh banyak hal deh yang buat kita kadang susah untuk fokus dalam Belajar.
tapi Tenang kalau kita Fokus masalah gangguan Apapun dapat di selesaikan,
kita Harus Fokus Terhadap apa yang akan kita pelajari dan harus Punya Target dan komitmen Terhadap Waktu belajar ( disini di tuntut agar kita Belajar Management Waktu ).

3.Mengunakan Peta Konsep ( Concept Mapping ) Dalam Belajar.

Nah udah sering kan denger kata yang satu ini , atau kalau belum bisa di pahami disini.
Peta Konsep adalah cara dinamik untuk menangkap butir-butir pokok informasi yang signifikan.
Contohnya Kayak gini Nih :





banyak Loh Manfaatnya dari Peta Konsep ini, Dalam Menghafal dan memahami materi tertentu hal ini sangat bermanfaat, di coba Deh..(^_^)

Untuk Yang ga Tau cara membuat peta konsep ini, sedikit saya jelasin caranya :
  1. Mulai Topik di tengah-tengah halaman untuk mempermudah Mendefinisikan Inti dari materi yang akan di petakan.
  2. Gunakan Kata- kata Kunci : Sasaran peta konsep adalah hanya menangkap fakta-fakta penting yang, ketika ditinjau ulang, akan memicu ingatan terhadap seluruh subyek pelajaran. Anda akan mendapati bahwa ini umumnya menggunakan kata kerja dan kata benda kunci. Hal-hal lainnya adalah informasi ‘’yang diisikan di dalamnya’’ yang memasok pikiran Anda ketika ia telah ‘’disentak’’ oleh peta-peta konsep.
  3. Buatlah Cabang- Cabangnya : Berpijaklah pada tema pokok Anda keluar ke semua arah. Batasilah cabang utama antara lima dan tujuh
  4. Gunakan Gambar,warna,Simbol2 dan Kata kata yang Mudah di pahami dan Menarik : Kombinasi berbagi gaya menjadikan peta konsep lebih mudah diingat. Untuk keragaman tambahan, variasikan ukuran kata di peta tersebut. Tulis kata-kata atau fase-fase kunci dengan huruf capital tebal. Batasi kata-kata seminimal mungkin. Gunakanlah symbol-simbol yang mudah diidentifikasi-tanda kali, tanda cek, tanda seru, tanda Tanya, gambar jantung, segitiga dan sebagainya.
  5. Lakukan : Kalo Ga di coba Mana Mungkin Bisa... Maka Dari Itu " Just Do It "
Nah itu Sedikit Tips buat membuat Peta Konsep. Semoga Bermanfaat.

4. Dalam Teknik Penulisan Pelajaran yang Kita Catat.


Nah buat Temen2 yang rajin Nyatet Saat guru/Dosen Menerangkan Suatu Pelajaran di depan Kelas, harus Mengikuti Saran ini deh..Yang pasti Cukup Penting Buat kita :
  1. Gunakan bahasa yang dengan Cepat kita pahami ( Bahasa Gaul )
  2. Lakukan Hal Itu Secara Teratur
  3. Buat Catatan kita Semenarik Mungkin

5. Belajar Seperti Orang Dewasa


Nah.. Kita harus nya sudah paham untuk hal yang satu ini, Karna Kita sudah sama-sama dewasa, paham kan apa pengertian orang dewasa itu Sendiri. Atau Belum Sama Sekali Atau hanya Tau bahwa orang Dewasa itu hanya orang yang sudah mempunyai KTP.. Itu ga Salah, tapi Bukan itu maksudnya..heehee

Ciri-ciri orang dewasa nih.
  • Mandiri
  • Tanggung Jawab
  • Punya Prinsip dan tujuan Hidup
  • Pandangan Selalu Kedepan (Fokus on target)
  • Rasional ( Tidak Emosional )
  • Konsekuen ( Berani Mengakui Salah pada dirinya bila memang salah )
  • Demokrasi
Nah Itu Kawand ciri-ciri Orang dewasa, Sudah Dewasa kah kita ??? Kita Sendiri yang tau Jawaban itu.
Nah Kalau Udah Tau Gimana ciri - ciri Orang Dewasa, sekarang Saatnya Belajar Menurut Prinsip Orang Dewasa,
Prinsip Belajar Orang dewasa, Percaya atau ga tapi ini jawabannya :
  • Belajar Sesuai Kebutuhan/ Masalah
  • Belajar Atas Inisiatif Diri Sendiri
  • Materi yang di pelajari dihubungkan dengan pengalaman hidup dan realita kehidupan yang sedang terjadi
  • Dapat Belajar dalam Kelompok
  • Aktif
Nah Itu Tips Cara Belajar Efektif, Semoga Bermanfaat..!!!!
Reaksi:
Categories: