Tugas Mandiri Agama Islam 1

Posted by Ahmad Khairudin on 18.42 with No comments

  RINGKASAN ISI BUKU
“  MUSLIM BUKAN INDIVIDUALIS  ”
Bagaimana Menumbuhkan Kepekaan Nurani dan Solidaritas sosial






Mata kuliah : AGAMA ISLAM I
Dosen : Abdul Fhadil M,Ag.

aHMAD KHAIRUDIN (5215097002)


S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
JUNI 2010











RINGKASAN ISI BUKU

Judul                         :  Muslim Bukan Individualis
Penulis                      Amru Khalid
Penerbit                    Darul Ma’rifah, Beirut
Tahun                        1423 H. / 2003 M.

Buku ini diterjemahkan dari buku yang berjudul Ash-shabru wadz-zuaq oleh Amru Khalid. Aqwam,Solo, 2006. H. Sarwedi M.Amin Hisbullah, L.c. menterjemahkan isi buku ini ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Muslim Bukan Individualis : Bagaimana Menumbuhkan Kepekaan Nurani dan Soladaritas Sosial. Dalam buku ini Amru Khalid menjelaskan tentang Fenomena yank cukup aneh bahwa umat islam seakan menjadi umat yang sering kali senang hidup di dunia nya sendiri dan nyaris tidak mau berinteraksi dengan orang lain,sebagian yang lain menggangap bahwa dalam islam tidak ada norma etika yang mengatuh tentang ksopanan ,tata karma atau lain sebagainya justru mereka menggangap hal- hal seperti itu hanya ada dalam budaya-budaya di luar islam. yang benar-benar bertolak belakang dengan apa yang telah di atur oleh islam itu sendiri,parahnya keadaan seperti ini sering disebsbkan oleh sempitnya pandangan umat islam terhadap islam yang begitu luas dan menyeluruh.
Penjelasan tentang keunikan agama islam karna agama islam mencakup dimensi vertical dan horizontal, Hablumminallah dan Hablumminannas.dia mengatuh hubungan yang baik antara tuhan dan hubungan yang harmonis dengan sesame manusia.Amru Khalid juga dalam bukunya menjelaskan tentang ITSAR yang merupakan ciri khas dari orang beriman,yang tidak dimiliki oleh budaya barat dan hanya ada di “Madrasah Rasullulah”, yang di maksud itsar itu sendiri ialah Anda Mengutamakan saudara muslim dari pada diri sendiri. Cara mempelajari itsar di bahas melalui cerita-cerita yang penuh hikmah oleh para sahabat di zaman Rasullullah,bentuk dari itsar yang paling tinggi penggarus serta tujuan bersikap itsar dan cerita Mukjizat tentang itsar
Selain itsar dalam buku ini juga membahas tentang kepekaan rasa(Dzauq),tidak hanya memahami,selain itu juga membahas tujuan dan metode untuk mengkaji akhlak ini.dengan cerita-cerita yang penuh hikmah, Sebagai contoh dan aplikatifnya kepekaan rasa ini di amalkan dalam kehidupan sehari-hari seperti kepekaan rasa terhadap kedua orang tua,kepekaan rasa terhadap istr,kepekaan rasa dalam perjalanan,kepekaan rasa ketika bertamu,kepekaan rasa di dalam masjid,kepekaan rasa terhadap tetangga,kepekaan rasa dalam berbicara,kepekaan rasa ketika berkabung dan kepekaan rasa ketika berdakwah.
Tidak hanya tentang itsar dan kepekaan rasa, buku ini juga membahas tentang penjelasan dari Al-Qur’an yang bertabur pelajaran.
Reaksi:
Categories: