Business-Plan

Posted by Ahmad Khairudin on 13.21 with No comments

Nama               : AHMAD KHAIRUDIN
Prodi               : S1 Pend. Teknik Elektronika (NR)
No Reg            : 5215097002
Mata Kuliah    : Kewirausaan


Jika anda Ingin berwirausaha, wirausaha apa yang akan anda jalani ?
Jika saya ingin berwirausaha, jenis wirausaha yang akan saya jalani tentunya berbanding lurus dengan hobi yang saya tekuni, karena akan lebih mudah membuka peluang bisnis usaha yang diawali dari hobi, hal itu dikarenakan pastinya kita akan mudah menjalani, paham akan kondisi dan situasi dan kita akan dengan senang hati menjalaninya  karena itu berkaitan dengan hal yang kita sukai.  Ketika banyak orang bilang hobi merupakan hal yang membuat terjadinya pemborosan,sebenarnya tidak demikian dan bisa jadi dari hobi kita akan menjadi tambang uang yang tak pernah mengering,  jika kita tekuni dengan penuh minat dan hasrat. Karena kebanyakan kita sering terjebak dibalik rutinitas dan kegembiraan kita dalam menyalurkan hobi,terkadangk ita gagal meihat potensi dibalik hobi-hobi yang ada, apalagi mengembangkan hobi menjadi sumber keuangan dengan menjalankan bisnis
Kekuatan dari bisnis dengan menjalankan yang berasal dari hobi adalah bisnis hobi bisa dikerjakan dengan senang hati, ini bisa menjadi modal awal, yaitu “rasa senang”. Karena sudah merupakan hobi sehari-hari tentu akan menjalankan bisnis ini dengan senang hati dan tida mudah menyerah ketika harus menghadapi berbaga masalah dan kendala saat menjalankan bisnis yang ada. Menurut Cak Ud, Bos Pustaka pelajar Gruoup, wirausahawan yang berhasil biasanya bergerak dalam bisnis yang dikuasinya betul. Bidang yang dikuasainya itu bisa karena pengalaman yang matang dan cukup lama, bisa karena pendidikan atau bisa kerena sekitar hobi yang disenangi. Konsentrasi pada bidang yang dikuasi berarti tidak ikut-ikutan alias tidak latah, misalnya melihat orang lain sukses membuka counter HP lalu ikut-ikutan membuka counter HP,walaupun lokasi rumahnya digang sempit dan menjorok ke dalam kampung . walaupun sebetulnya boleh saja  ikut-ikutan asalkan memiliki konsep yang jelas, tahu peta pesaing dan memiliki strategi untuk menghadapi masalah yang ada.[1]
            Saya akan menginvestasikan bisnis saya dengan membuat “Sport center + Cafe”,  karena hobi saya adalah olahraga dan berkumpul dengan keluarga dan sahabat jadi bisnis ini sangat pas untuk bisnis yang akan saya jalani. Sport center yang didalamnya ada kolam renang, Lapangan Futsal dan Bulutangkis kemudian di depan sport center tersebut saya bangun café yang di desain senyaman mungkin untuk tempat Nongkrong.
Dengan hobi ini pun saya bias menganalisis tempat sport center seperti apa yang nyaman, perkiraan biaya dan desain interior café yang akan saya jalankan, yang dimana hal itu akan membuat saya bias lebih memahami kebutuhan klien dan konsumen serta pengunjung yang dating di Sport center itu.  


[1] Dari Buku : M. Hariwijaya, Mendulang Rupiah dari Bisnis Hobi (Yogyakarta :Tugu Publisher,2006) p.18

Reaksi: