Berbicara Soal "Passion" ini Bukan menjadi Sebatas Alasan

Posted by Ahmad Khairudin on 07.29 with 1 comment
Berbicara Soal "Passion"         

         Apa yang mejadikan kegiatanmu begitu kau nikmati, hingga kalu begitu menghayatinya. Ketika bicara mengenai pendidikan, entah mengapa hati ini langsung meresponnya dengan cepat, dan jika berurusan dengan anak anak hati ini langsung senang menyapanya, inilah keanehan saya sebagai mahasiswa Fakultas Teknik. ini bukan alasan saya dan bukan menjadi pembenaran bahwa setiap mahasiswa harus seperti ini, setiap yang kita lakukan adalah hasil dari apa yang kita inginkan, dan setiap yang kita inginkan adalah hal-hal yang kita sukai, dan hal yang kita sukai itu pasti ada hasrat, gaya, dorongan atau gairah kita ingin melakukannya.

          dalam bahasa kerennya inilah yang disebut "Passion" atau dalam bahasa Indonesianya : "gairah" , harat/dorongan akan tindakan kita yang ingin kita lakukan, kebanyakan tiap orang orang yang telah fokus terhadap apa yang menjadi "Passion" nya dia akan menjadi seseorang yang bener benar ahi dalam bidang yang digelutinya, karena dia bekerja dengan hati bukan karena paksaan atau bukan karena pilihan orang lain.

Bukan Alasan Untuk Tidak Bermanfaat

         Siapa yang menyangka kita beberapa tahun lagi akan menjadi apa, itu yang selalu saya katakan kepada rekan rekan saya ketika saya sedang berdiskusi ringan dengan teman-teman saya di kampus,
"loe mahasiswa FT bukannya fokus sama pelajaran Teknik Elektronika malah sering belajar yang lain, masalah pendidikan sama ngajar anak anak mulu".ujar salah seorang temanku.

seperti biasa, hanya sebatas senyuman yang selalu saya lontarkan sebagi balasan atas setiap sikap pernyataan yang diberikan, entah dari mana awalnya kecintaan saya terhadap dunia pendidikan dan anak anak, saya akui terkadang itu melupakan jati diri saya sebagai Mahasiswa Fakultas teknik, namun disitu saya menemukan sebuah kepuasan batin dan gairah yang membuat saya semangat dalam menjalani hidup saya, #lebay (^_^)

"Gini Bro, buat jadi guru yang baik ada universitanya, ya UNJ ini (membanggakan kampus Sendiri) :D " 
tapi buat jadi orang tua kan ga ada sekolahnya, apalagi universitasnya, makannya cara gw sekarang belajar memperdalam dibidang penddikan dan fpkus ke anak anak, ini cuam perrsiapan untuk pembelajaran kalau nanti jadi orang tua aja ", jawabku dengan nada gurauan.

 ada sebuah teori yang selalu saya ingat, dalam 5 tahun kedepan kalian bisa menebak siapa diri kalian, yaitu dapat dilihat dari dua hal, yang pertama dengan siapa bergaul dan yang kedua buku apa yang kalian baca ?? ini telah terbukti menjadi hal yang akurat ketika kita ingin tau siapa kita nantinya dan kita akan menjadi seseorang yang ahli dibidang apa.

          Berbagi dengan anak-anak itu adalah sesuatu yang menyenangkan menurutku, bisa bercerita,bermain, tertawa bersama sampai akhirnya seakan masalah hidup yang teremban dalam hati dan pikiran hilang seketika :D 

Foto : Saat saya Sedang Bermain dengan Anak anak Rumah Belajar FIM

ada maksud lain dari tiap kegiatan yang saya lakukan, tak semata mata sebatas mengisi waktu luang dan mencapai target-target impian , tapi inilah yang saya bisa lakukan sebagai Mahasiswa , segenap waktu tenaga, pikiran, materi , kekuatan yang saya bisa kontribusaikan untuk Bangsa, memang terlihat sepele dan kecil namun disinilah saya paham, anak anak adalah pemuda masa depan, pemuda saat ini adalah pemimpin masa depan, kalau sedah adanya alur yang jelas antara keharmonisan di tiap generasinya akan ada sebuah konsep pemahaman yang baik tentunya, untuk Indonesia.

Mudah bukan dari Mulai "Passion" kita, lalu mulai berpikir apa yang kita bisa beriakn untuk Indonesia, bukan lagi menjadi alasan kita untuk tidak bergerak :D

Ingat dan harus sama sama kita ketahui, Peperangan terbesar dalam diri seorang anak adalah ketika mereka diminta menjadi diri sendiri, sementara dunia berusaha keras mengubah dirinya menjadi orang lain. Bagaimana peran kita sebagai pendidik dalam menghindari hal ini?, inilah yang menjadi PR kita sebagai pendidik yang peduli dan paham dengan "Passion" itu sendiri.
yang terpenting sekarang adalah saatnya menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain, mulai berfikir apa yang bisa kita lakukan untuk sekitar kita dan apa yang bisa kita lakukan untuk Indonesia.
jadilah Luar Biasa....

Karena menjadi Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan!!

Take Action .. tunjukan Pada Dunia "Passion"Mu, jangan lagi menjadi alasan latar belakang kalian menjadi penghambat kalian berkarya dan bermanfaat untuk orang lain serta memberikan kontribusi nyata untuk Indonesia.

#MendidikIndonesia
Reaksi: