Semangat Nulis... :D

Posted by Ahmad Khairudin on 01.27 with No comments

Alhamdulillah ...



ALAMAT EMAIL REDAKSI MEDIA
Berikut ini beberapa hal yang saya ketahui (saya dapatkan ini dari sdr. Wildan Nugraha flp Jabar), yang tentunya terbatas. Tapi mungkin ada sedikit guna buat Kawan semua.

Untuk jenis opini, kita bisa mengirimkan tulisan ke beberapa koran, di antarnya Pikiran Rakyat (email: redaksi@pikiran-rakyat.com), Tribun Jabar (opini@tribunjabar.co.id), Galamedia (redgala@pro.net.id), Radar Bandung (radarbandung@yahoo.co.uk), Kompas (opini@kompas.com/opini@kompas.co.id), Kompas lembar Jabar (kompasjabar@kompas.co.id), Republika (sekretariat@republika.co.id), Media Indonesia (redaksi@mediaindonesia.co.id), Seputar Indonesia (redaksi@seputar-indonesia.com), Koran Tempo (koran@tempo.co.id), Suara Pembaruan (koransp@suarapembaruan.com), Kedaulatan Rakyat (redaksi@kr.co.id), Lampung Post (redaksilampost@yahoo.com), Padang Ekspres (redaksi@padangekspres.co.id), Sinar Harapan (redaksi@sinarharapan.co.id), Radar Cirebon (redaksi@radarcirebon.com/radarcbn@indosat.net.id), Sriwijaya Post (sripo@mdp.net.id/sripo@yahoo.com/sripo@persda.co.id), Suara Karya (redaksi@suarakarya-online.com), Suara Merdeka (redaksi@suaramerdeka.com), Koran Jakarta (redaksi@koran-jakarta.com).

Untuk resensi buku, kecuali beberapa, semua koran yang disebutkan di atas tadi juga memuatnya. Untuk Pikiran Rakyat, resensi buku biasa dimuat di Suplemen Kampus yang terbit Kamis (sekali Kamis tiap dua pekan). Alamat emailnya: kampus_pr@yahoo.com. Atau kadang resensi buku dimuat juga di hari Senin, di suplemen Teropong (terbit sekali Senin tiap dua pekan). Emailnya: teropong@pikiran-rakyat.com.

Untuk subjek email, saya biasa menulis begini. Misal, untuk esai literasi. To: kampus_pr@yahoo.com. Subject: Esai Literasi: “Wanita dalam Panggung Sastra Indonesia”.

Kemudian untuk cerpen. Yang saya tahu, media-media massa cetak yang memuat kiriman cerpen adalah: Pikiran Rakyat (email: khazanah@pikiran-rakyat.com), Tribun Jabar (cerpen@tribunjabar.co.id), Galamedia (redgala@pro.net.id), Kompas (opini@kompas.com/opini@kompas.co.id), Republika (sekretariat@republika.co.id), Seputar Indonesia (redaksi@seputar-indonesia.com/widabdg@seputar-indonesia.com), Koran Tempo (ktminggu@tempo.co.id), Suara Pembaruan (koransp@suarapembaruan.com), Jawa Pos (ariemetro@yahoo.com), Kedaulatan Rakyat (redaksi@kr.co.id), Lampung Post (redaksilampost@yahoo.com), Padang Ekspres (redaksi@padangekspres.co.id), Sinar Harapan (redaksi@sinarharapan.co.id), Suara Karya (redaksi@suarakarya-online.com), Annida (majalah_annida@yahoo.com), Femina (kontak@femina-online.com), Kartini (redaksi@kartinionline.com), Kawanku (kawanku-mag@gramedia-majalah.com/fiksi-kawanku@gramedia-majalah.com), Nova (Nova@gramedia-majalah.com), Sabili, Horison, Ummi (ummi@ummigroup.co.id). Dan masih banyak lagi, sebenarnya.

Untuk majalah Sabili, kawan-kawan bisa menyerbu Lembar Khazanahnya (elka). Di sana setidaknya ada rubrik cerpen, puisi, dan esai bedah sastra yang biasa memuat tulisan kiriman para pembacanya. Alamat emailnya: elkasabili@yahoo.co.id.

Majalah Horison, yang menyebut dirinya sebagai majalah sastra. Alamat emailnya: horisonpuisi@centrin.net.id untuk kiriman puisi, horisoncerpen@centrin.net.id untuk cerpen, horisonesai@centrin.net.id untuk esai, dan kakilangit@centrin.net.id untuk sisipan Kakilangit. Sisipan Kakilangit ini memuat karya-karya adik-adik SMA.

Majalah Matabaca. Majalah ini majalah perbukuan dari kelompok Gramedia. Salah satu pegasuhnya adalah penyair Joko Pinurbo. Isinya saya kira bagus buat kita mengenal khazanah literasi di negeri ini. kawan-kawan bisa mengirimkan resensi buku atau esai literasi ke alamat redaksi@matabaca.com.

Majalah Percikan Iman. Kamu bisa mengirimkan opini keislaman atau catatan perjalanan ke alamat redaksi_mapi@yahoo.co.id. Selain kedua jenis tulisan tadi, kamu juga bisa mengirimkan puisi.

Majalah Tarbawi. Belakangan, selain rubrik Kiat dan surat Pembaca, tulisan pembaca juga bisa dimuat di rubrik Responsi. Di rubrik yang baru itu, teman-teman bisa menulis ulasan, tanggapan, atau kesan atas tema utama yang pernah diangkat majalah Islam itu. Tentu, bentuknya berupa esai populer keislaman. Alamat email redaksinya: tarbawi@yahoo.com.

Media Indonesia. Koran ini memuat opini tiap Senin sampai Jumat. Untuk Sabtu, koran ini kini memuat esai tentang local wisdom. Juga, Media Indonesia Sabtu memuat resensi buku. Email (selian email redaksi yang sudah disebutkan di atas): miweekend@mediaindonesia.com.

Dan tentang teknis mengirim tulisan via email, banyak juga kawan-kawan yang bertanya. Kalau saya, saya biasa menggunakan fasilitas attachment (lampiran) di email untuk tulisan yang akan dikirimkan. Sementara di kotak emailnya, saya menulis semacam pengantar singkat untuk redaksi. Tidak panjang-panjang, hanya beberapa kalimat saja.

Ada contoh bagus dari Kuntowijoyo, yang dicuplik pengasuh Horison pada kaver majalah itu Mei 2005.

Assalamu’alaikum w.w.

Redaksi Horison Yth.

Bersama ini saya kirimkan naskah “Maklumat Sastra Profetik”, meskipun terlalu panjang untuk format majalah. Karena itu, mohon jangan merasa di-faith accompli dan dipaksakan pemuatannya. Anggap saja kiriman ini sekedar sebagai pemberitahuan bahwa saya sudah menuliskannya. Semua itu saya kerjakan, karena saya terlanjur dikabarkan---terutama lewat Horison---sebagai penganjur Sastra Profetik. Dan saya merasa “berdosa” kalau tidak saya kirim ke Horison terlebih dahulu. Sekali lagi, jangan segan-segan untuk tidak memuat. Mohon berita lewat telepon 0274-881-xxx, terutama selepas pukul 8:00 malam.

Wassalamu’alaikum w.w.

Yogyakarta, 1 Februari 2005

Kuntowijoyo

Begitu, kawan-kawan. Saya kira itu contoh yang (terlalu) bagus buat pengantar karya. Buat orang (yang sudah se-“terkenal”) seperti beliau, memang wajar “memohon” untuk tidak dimuat.

Sebelum lupa, pernah juga ada kawan yang bertanya, di mana menempatkan biodata penulis. Jawab: kalau saya, saya menempatkannya singkat saja disatufilekan dengan tulisan kiriman. Setelah cerpen, misalnya (kalau tulisan itu cerpen), saya menyertakan biodata singkat itu. Isinya paragraf pendek yang memuat beberapa informasi diri: nama jelas (dan nama pena, kalau memakai nama samaran itu), tanggal lahir, alamat, tempat bergiat, dan seulas riwayat pendidikan serta jejak kepenulisan. Ya, seperti kalau kawan-kawan membaca biodata penulis di akhir sebuah buku. Dan, nomor rekening bank, guna memudahkan pengiriman honorarium tulisan bila karya kita dimuat.

Lagi, sebelum lupa, di Republika Ahmadun Yosi Herfanda (redaktur sastra koran itu) pernah menulis begini: Berhubung ada perubahan disain dan ukuran huruf untuk rubrik Sastra, maka para penyumbang naskah harap memperhatikan hal-hal sbb. Panjang naskah cerpen dan esei antara 7-8000 karakter (with space), diketik dengan program MSWord, dan tiap judul naskah dalam satu file. Untuk kolom Oase diutamakan sajak-sajak pendek, panjang tiap sajak tidak lebih dari satu layar MSWord (2-5 bait pendek). Dalam sekali kirim minimal enam judul sajak, dan dikemas dalam satu file, disertai biografi singkat dan foto diri close up bergaya santai. Semua naskah harus dikirim melalui email dengan sistem attachments ke sekretariat@republika.co.id CC ke ahmadun21@yahoo.com, tujukan ke Redaktur Sastra, dan lampiri nomor rekening bank untuk pengiriman honor. Naskah-naskah yang tidak memenuhi prosedur di atas tidak akan diperhatikan. Terima kasih.


semangat Nulis :D
Semoga Bermanfaat.

Sumber : https://www.facebook.com/notes/info-lomba-dan-peluang-menulis/alamat-email-redaksi-media/413232382032991
Reaksi:
Categories: ,