Six thinking hats

Posted by Ahmad Khairudin on 21.32 with No comments

six thinking hats
Six thinking hats merupakan mind tool yang digunakan untuk menganalisis keputasan yang penting dari berbagai sudut pandang. Tujuannya berfikir sesuai dengan dipikirkan orang lain, keluar dari kebiasaan berfikir diri sendiri sehingga kita bisa memahami betapa rumitnya permasalahan yang ada dan bisa mencari peluang dan celah dari masalah tersebut.
metode ini diciptakan oleh Edward de Bono dalam buku six thinking hats. jika menggunakan metode six thinking hats maka akan menggunakan segala pendekatan untuk mencapai solusi terbaik. banyak orang sukses berfikir secara rasional, berfikir positif oleh karena itu alasan mereka untuk berhasil. mungkin mereka akan gagal jika menggunakan emosi, intuisi, atau berfikir negatif. ini berarti bahwa mereka mereka kurang begitu tahan terhadap perubahan, tidak membuat tindakan yang kreatif. Begitu juga dengan pesimis. Pesimis juga merupakan tindakan bertahan yang bagus. orang yang menggunakan pendekatan yang logis akan gagal dan tergusur oleh kreativitas dan intuisi dari pesimis.
Untuk menggunakan six thinking hats untuk meningkatkan kualitas dari pengambilan keputusan maka lihat keputusan dari sudut pandang “topi yang sedang dipakai” secara bergantian. Setiap topi berfikir mempunyai gaya yang berbeda dalam berfikir :
  1. White Hat (topi putih): dengan memakai topi ini, maka gaya berfikir anda yaitu fokus terhadap data yang ada. berfikir berdasarkan informasi yang dipunyai dan melihat dari yang bisa dipelajari dari hal tersebut. disini dirimu menganalisa dan berusaha untuk menggali data historis yang ada.
  2. Red Hat (topi merah): dengan memakai topi merah dirimu melihat suatu keputusan menggunakan intuisi, tindakan keberanian, dan emosi. selain itu juga berfikir bagaimana orang lain juga akan bertindak menggunakan emosi, dan mencoba memahami respon intuisi dari orang yang tidak tahu mengenai alasanmu tersebut.
  3. Black Hat (topi hitam): saat menggunakan topi hitam, memandang sesuatu dengan sikap pesimis, penuh dengan kehati-hatian, dan dengan sikap bertahan. Mencoba untuk memandang kenapa ide dan suatu pendekatan tidak dapat berfungsi. ini menjadi penting karena adanya titik lemah dari dari suatu rencana dan suatu tindakan. dengan topi ini mampu menghapuskan pemikiran mereka, menggunakan rencana terdahulu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. dengan adanya topi hitam maka akan membantu rencanamu untuk menjadi lebih tangguh dan tahan. selain itu juga bisa membantu terhadap titik fatal dari resiko yang mungkin akan terjadi sebelum akan dilakukan. Topi hitam ini merupakan salah satu keuntungan ketika orang yang sukses berfikir positif namun tidak bisa mengetahui permasalahan pada tingkatan yang tinggi.
  4. Yellow hat ( topi kuning): dengan topi kuning akan membantu berfikir positif, dengan sudut pandang yang positif akan membantu melihat segala keuntungan nilai keputusan dan titik-titik peluang yang akan muncul dari suatu permasalahan. Topi kuning akan membantu untuk terus maju walaupun semua kelihatan sulit.
  5. Green hat (topi hijau): dengan topi hijau akan berfikir dengan kreativitas, dimana bisa mengembangkan solusi yang kreatif dari suatu permasalahan. berfikir secara bebas sehingga akan ada kritikan mengenai ide yang diusulkan.
  6. Blue Hat (topi biru): dengan topi biru ini akan bertindak sebagai pengendali proses (control process). topi ini dipakai untuk pemimpin dari meeting. ketika mengalami kesulitan karena tidak ada ide yang muncul maka topi biru akan aktif secara langsung membangkitkan topi berfikir hijau. ketika suatu perencanaan tindakan bersama-sama diperlukan topi biru akan bertanya kepada topi berfikir hitam, dan sebagainya.
Six thinking hats bisa diterapkan pada suatu rapat atau pertemuan dan mengambil manfaatnya untuk menhindari suatu perbedaan pendapat ketika berdiskusi dengan orang dengan gaya berfikir yang berbeda-beda mengenai suatu masalah yang ada. Ada suatu pendekatan yang hampir mirip dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda misalnya suatu profesi yang beda (sudut pandang dokter, perancang, ahli ekonomi) atau dari sudut pandang pelanggan yang berbeda-beda.
6-thinking-hats

Reaksi:
Categories: ,